Rainbow Cake

on Sunday, 8 July 2012


Okay, for this time I want to share all of you about RAINBOW CAKE! Enjoy ;D

Untuk mengisi liburan di rumah, saya mencoba membuat rainbow cake yang sekarang ini lagi trend2nya. Salah satu resep yang saya gunakan ini bersumber dari koran Jawa Pos (Rabu, 4 Juli 2012). Alhamdulillah yaa jadi juga :D Meskipun mungkin kurang sedikit mengembang haha.

RECIPE
bahan kue
- telur 10 butir
- gula pasir 320 gram
- cake emulsifier 40 gram
*ini bisa pake ovalet, atau SP, kalo saya pake SP aja krna yang ada cuma itu -,-)
- maizena 30 gram
- susu bubuk 60 gram
- butter (dicairkan) 150 gram
- pewarna makanan 
*menurut sumber aslinya 6 warna (ungu,biru, kuning telur, orange, hijau, merah), tapi setelah saya coba, adonan cuma cukup di bagi 4 doang. jadinya saya cuma pake 4 warna aja (kuning telur, orange, hijau, dan merah muda). mungkin karna faktor volume loyang kali yaa ~sesuaikan aja dengan ukuran loyang Anda :D
- pasta perasa kue (grape, strawberry, pandan, blueberry)
- esens perasa kue (jeruk, lemon)
*karna keterbatasan bahan (udah nyari keliling2 juga gak nemu nih -,-) saya cuma pake rasa jeruk untuk adonan warna kuning, dan pasta pandan untuk adonan warna hijau. meskipun adonan yang orange dan merah gak dikasih perasa kue, rasanya juga masih enak kok. gak akan hambar -_-

bahan cheese frosting
- cream cheese 250 gram
*saya juga gak nemu nih bahan yang ini. jadi buat sendiri aja (liat internet sih aslinya) dengan resep: keju parut 125 gram, 125 ml krim kental. dicampur dan dimasak dengan api kecil. jangan lupa diaduk terus biar gak gosong -,-
- gula halus 100 gram
- butter 50 gram
- whip cream 500 gram
*saran saya ukurannya 300-400 gram aja, karna kalo 500 gram banyak banget jadinya dan gak kepake

cara membuat cake :
- kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier hingga mengembang (kira2 45 menit)
- campur campuran kering (tepung terigu, susu bubuk, dan maizena) dalam wadah lain. aduk rata.
- masukkan campuran kering kedalam adonan sedikit demi sedikit. aduk rata
- bagi adonan menjadi 6 bagian 
- tiap-tiap adonan diberi pewarna dan perasa yang sesuai
- tuang tiap-tiap adonan dalam loyang 20x20 cm
*karna cuma ada loyang 25x25, jadi adonan cuma saya bagi 4 :D
- oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 25 menit

cara membuat cheese frosting :
- campur semua bahan cheese frosting, kocok hingga mengembang, lalu diamkan dalam suhu ruang
- oles cheese frosting di bagian atas kue, lalu hias sesuai selera 

PHOTOS










selamat mencobaaaa yaaa :)

1 komentar:

ndutewantstotalk0305 said...

mauuuuuuuuu fin :D ...

mksh atas resepnya , tapiiiiii males buat e , hehehee


aku maunya tinggal makan , hahaha *gamaurepot